ASAS-ASAS PENGETAHUAN LINGKUNGAN

 

  • Latar Belakang Masalah
    Dalam ilmu lingkungan kita mengenal berbagai macam tentang sumber daya alam, baik itu yang dapat diperbarui atau yang tidak dapat diperbarui. Sumber daya alam tersebut harus di gunakan dengan sebaik-baiknya. Suatu lingkungan akan berjaln dengan baik
    Rumusan Masalah
    1.Apa pengertian sumber daya alam dan pembagiannya ?
    2.Apa sajakah azas-azas yang berhubungan dengan Sumber Daya Alam ?
    3. Apa pengertian dan pendapat para ahli mengenai Ekologi ?
    4. Apa pengertian populasi ?
    5. Azas-azas apa saja yang berhubungan dengan populasi?
  • Sumber Daya Alam
    Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang ada di alam dan dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia.
    Sumber alam dap d bagi menjadi dua, yaitu:
    a. Sumber daya yang dapat diperbaharui (biotik)
    b. Sumber daya alam yang tidak dapat di perbaharui (abiotik)
    Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui
    Adalah sumber daya alam yang dapat diusahakan kembali keberadaannya dan dapat dipergunakan secara terus-menerus, contoh: air, udara, tanah, hutan, hewan dan tumbuhan.

Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui
Adalah sumber daya alam yang jika dipergunakan secara terus-menerus akan habis. Sebagian besar bahan tersebut                   berasal dari barang tambang, contoh: minyak bumi, batu bara, emas, perak, besi, timah.

  •  Azas-azas Sumber Daya Alam
    • Azas 1, ada dua jenis sumber daya alam dasar, yaitu sumber alam yang pengadaannya dapat merangsang pengunaan seterusnya dan yang tak mempunyai daya rangsang penggunaan lebih lanjut.
    • Azas 2, untuk semua katagori sumber daya alam, kalau pengadaannya sudah mencapai optimum, pengaruh unit kenaikannya sering menurun dengan penambahan sumber alam itu sampai ke suatu tingkat maksimum.
    • Azas 3. materi, energi, ruang, waktu, keanekaragaman, semua termasuk katagori sumber alam.
    • Azas 4. semua energi yang memasuki sebuah organisme hidup populasi atau ekosistemdapat dianggap sebagai energi yang tersimpan atau terlepas.
    • Azas 5, tidak ada sistem pengubahan energi yang betul-betul efisien. Meskipun energi itu tidak pernah hilang, tetapi energi tersebut akan terus diubah kedalam bentuk yang kurang bermanfaat.
  • Pengertian Ekologi.
    Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungnanya dan yang lainnya. Berasal dari kata Yunani yaitu, oikos (“habitat”) dan logos (“ilmu”). Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Dalam ekologi, kita mempelajari makhluk hidup sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya.
    Pengertian ekologi menurut para ahli
    1. Fuad Amsyari
    Ekologi yaitu suatu ilmu yang mepelajari hubungan antara satu organisme dengan yang lainnya dan dengan organisme-organisme tersebut dengan lingkungannya.
    2. H.Sitanggang
    Ekologi yaitu ilmu yang mempelajari hubungan antara lingkungan dengan faktor-faktor lingkungan sendiri dan saling berhubungan antara unsur sesuatu faktor dengan sesamamya serta saling berhubungan dengan lingkungan.
    3. Miller
    Ekologi yaitu ilmu mengenai hubungan timbal balik dengann organisme dengan sesamanya serta dengan lingkungan tempat tinggalnya.
    4. Odum
    Ekologi yaitu studi yang mempelajari struktur dan fungsi ekosistem.
    5. Prajudi Atmosudirjo
    Ekologi yaitu tata hubungan total (menyeluruh) dan mutual (timbal balik) antara satu organisme dengan lingkungan sekelilingnya.
  • Pengertian Populasi
    Populasi adalah sekumpulan dari seluruh elemen sejenis, tetapi dapat di bedakan antara satu dengan yang lainnya. Perbedaan ini disebabkan karena perbedaan karakteristik yang berlainan.
  • Azas-azas Mengenai Populasi
    • Azas 1, individu dan spesies yang mempunyai lebih banyak keturunan dari pada saingannya, cenderung berhasil mengalahkan saingannya.
    • Azas 2, kemantapan keanekaragaman suatu komunitas lebih tinggi di alam yang mudah diramal.
    • Azas 3, sebuah habitat dapat jenuh atau oleh keanekaragaman takson, bergantung kepada bagaimana nicia (keadaa lingkungan yang khas) dalam lingkungan hidup itu dapat memisahkan takson tersebut.
    • Azas 4, keanekaragaman komunitas apasaja sebandinga dengan biomassa dibagi produktivitas.
    • Azas 5, pada lingkungan yang stabil perbandingan antara biomassa dengan produktivitas dalam perjalanan waktuanik mencapai sebuah asimtot.
    • Azas 6, sistem yang sudah mantap (dewasa) mengeksplotasi sistemyang belum mantap (belum dewasa).
    • Azas 7, kesempurnaan adaptasi suatu sifat atau tabiat bergantung kepada kepentingan relatifnya di dalam keadaan suatu lingkungan.
    • Azas 8, lingkungan yang secara fisik mantap memungkinkan terjadi penimbunan keanekaragaman biologi dalam ekosistem yang mantap, yang kemudian dapat menggalakkan kemantapan poplasi lebih jauh lagi.
    • Azas 9, derajat pola keteraturan turun naiknya populasi bergantung kepada jumlah keturunan dalam sejarah populasi sebelumnya yang nanti akan mempengaruhi populasi
  • Kesimpulan
    Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, jumlahnya terbatas dan sumber daya alam yang dapat diperbaharui jumlahnya melimpah dan dapat dipergunakan secara terus menerus dengan suatu proses tertentu. Sedangkan ekologi dan populasi adalah dua hal yang saling berhubungan. Mempelajari ekologi sangat penting, karena masa depan kita sangat tergantung pada hubungan ekologi di seluruh dunia. Meskipun ada perubahan yang terjadi di tempat lain di bumi ini, namun akibatnya akan kita rasakan pada lingkungan di sekitar kita. Sama halnya dengan populasi yang saling berkaitan antara mahluk hidup satu dengan makhluk hidup lainnya .Oleh karena itu jika ekologi itu rusak maka populasi yang ada di dalamnya juga akan ikut rusak. Maka kita harus menjaga lingkungan tersebut agar tetap terjaga kelestaraiannya.
  • Saran
    Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui sebaiknya penggunaannya harus dilakukan dengan sebaik-baiknya, karena jumlahnya sangat terbatas. Ekologi dan populasi keduanya saling mendukung antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya, oleh karena itu kita harus menjaga lingkungan kita agar tercipta keseimbangan, keselarasan antara sumber daya alam, sistem ekologi dan populasi.

lihat hasil documenku

komentar saya

semakin lama bumi semakin tua kalau kita tidak menjaganya bagaimana anak cucu kiat                            bisa menikmati juga kesadaran untuk sebuah perubahan bisa dimulai dari diri kita sendiri dari hal-hal yang kecil dari kehidupan kita sehari-hari misalnya menjaga lingkungan disekitar     rumah,tidak membuang sampah sembarang.

INI HASIL VIDEO UNTUK MEMPERJELAS INFORMASI YANG KITA BUTUHKAN

 

REFRENSI

http://supeksa.wordpress.com/2010/04/23/azas-pengetahuan-sumber-daya-alam-sistem-ekologi-dan-populasi/

2 respons untuk ‘ASAS-ASAS PENGETAHUAN LINGKUNGAN

Tinggalkan komentar